Rabu, 20 Desember 2017

Riset Ala SMK Darunnajah 2 Cipining

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Riset adalah penyelidikan (penelitian) suatu masalah secara bersistem, kritis, dan ilmiah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengertian, mendapatkan fakta yang baru, atau melakukan penafsiran yang lebih baik.

Atau dasar penelitian ilmiah untuk mencari ilmu pengetahuan baru, pencarian yang bersistem untuk menemukan tantangan hal yang belum diketahui.

Sedangkan meriset adalah melakukan riset, atau meneliti tentang sesuatu.

Dan periset adalah orang yang melakukan riset, atau penelitian.teman duduk

SMK Darunnajah 2 Cipining sebut saja, untuk kali ke-4 melakukan riset terhadap alumninya, terutama daerah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi).

Tahun ini riset diikuti oleh 24 Santri Putra dan 36 santri putri yang dibagi kedalam 11 Kelompok. 5 Kelompok Putra dan 6 Kelompok putri, dengan masing masing anggota kelompok 4 sampai 6 orang.

Untuk tahun sekarang sedikit berbeda dengan tahun sebelum sebelumnya, yang biasanya hanya alumni SMK Darunnajah 2 Cipining saja kini mulai ke Alumni MA yang berdomisili di daerah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi).

Dan untuk riset tahun ini setiap 1 kelompok dibebankan untuk mewawancarai atau mencari data 35 Alumni.

Riset ini juga bukan hanya sekedar mengetahui apa yang telah atau sedang para alumni lakukan. Akan tetapi bagaimana para alumni bisa hidup setelah lulus dari pesantren. Dan tahun ini lebih mendalam lagi baik dari segi kebudayaan, prilaku, dan pendidikan.

Selain hal diatas tujuan utamanya adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan alumni SMK dan MA Darunnajag 2 Cipining setelah menjadi alumni, khususnya dibidang pekerjaan, pendidikan, dan sosial keagamaan.

Harapannya riset tahun ini berjalan dengan baik dan lancar, serta bisa membuahkan hasil dan terciptanya tujuan. Dan semoga menjadikan wadah bagi seluruh santri SMK Darunnajah 2 Cipining untuk belajar bagaimana meneliti itu. Ujar Ust. Iwan Setiawan selaku Ketua Panitia Riset 2017.

(WARDAN/NJalu)

 

http://darunnajah.com/wp-content/uploads/2017/12/buku-300x294.jpg

0 komentar:

Posting Komentar