Sabtu, 16 Desember 2017

cara mengisi liburan agar berkah ala santri

 

Baiklah para pembaca sekalian pada artikel ini kita akan membahas tentang cara mengisi kegiatan pada saat sedang liburan agar berkah. Dikarenakan liburan akan segera datang mungkin kalian akan bingung dengan apa yang akan kalian kerjakan pada saat liburan nanti.

Baiklah ini adalah beberapa hal yang mungkin bisa kalian kerjakan pada saat liburan nanti untuk menghibur kembali hati kalian ala santri:

  1. persiapkan liburanmu

Persiapan adalah salah satu hal paling utama sebelum liburan karena ketika telah mempersiapkan segala persiapan untuk liburan kita itu akan memnuat liburan kita lebih bermakna, berarti dan lebih terkendali

  • Contoh perencanaan yang baik

1.tulislah rencana liburanmu

Perencanaan yang matang adalah hal yang sangat di perlukan ketika ingin menghadapi liburan buatlah perencanaan dengan teman temanmu dan tulislah shcedule yang ingin anda lakukan ketika liburan dan tulislah jumlah pengeluaran dan kebutuhan yang anda perlukan saat liburan.

2.persiapkan barang barang yang akan dibawa

Persiakan bawang bawaanmu pada saat akan menghadapi liburan dan pastikan tidak ada satu barangpun yang karena jikua ada satu barang yang tertinggal itu mungkin akan membuat liburanmu kacau balau sehingga andapun tidak akan mendapatkan ketenangan saat liburan.

3.bawa biaya tambahan

Biaya tambahan sangatlah penting untuk liburanmu karena biaya tambahan dapat membantu kamu dalam keadaan darurat saat liburanmu.

  1. Berkreasilah

Berkreasi untuk mengisi liburanmu mungkin adalah salah satu alternatif terbaik karena selain dapat mengisi waktu liburan kita kegiatan ini juga bisa melatih kekreatifan kita saat waktu kosong karena ke kreativitasan biasa datang saat waktu kosong. Sehinnga hal ini mungkin jadi ladang untuk mengasah otak dan saat untuk menimba rezeki

  1. Silaturahmi ke Tempat Saudara atau Teman

 

Berkunjung atau silaturahmi ke sanak saudara terdekat dengan pesantren biasa dilakukan oleh santri yang rumahnya jauh. Misalnya santri asal Sumatera mondok di serang, lalu punya saudara di cilegon. Mungkin mereka bisa mengganti acara mudik dengan pulang ke tempat saudara terdekat. Hitung-hitung menghemat biaya untuk makan sehari-hari.Kalau tidak ke tempat saudara, kadang rumah rekan akrab menjadi pilihan. Kalau sungkan untuk menginap selama liburan, mereka menyiasatinya dengan berpindah-pindah dari satu teman ke teman lain. Sejenis dengan acara silaturahmi, ada juga santri yang hobi berpetualang mengisi liburan dengan mendaki gunung, menembus hutan, dll

 

  1. Membantu pekerjaan Orang tua

Bila kalian di rumah memiliki orang tua yang menjadi seorang pedagang atau apapun kecuali seorang PNS, maka kalian bisa untuk mencoba membantu orang tua kalian di rumah, ketahuilah saudaraku, mereka (orang tua) telah mengorbankan tenaganya untuk membiayai kita bersekolah di pesantren, masa kita tidak bisa membantu mereka walau hanya saat liburan saja? hitung hitung ya agar kita kelak mengerti apa pekerjaan mereka dan bagaimana cara kita meneruskannya sebagai seorang penerus.

  1. Menyibukkan Diri di Organisasi

Di dekat rumah kita pasti terdapat banyak organisasi semisal Lazis, Karang Taruna, IPM, atau Mungkin Ikatan Remaja Masjid, dll , nah pada saat liburan kita bisa memanfaatkan waktu luang kita untuk sekedar membantu organisasi tersebut, insya allah akan ada banyak manfaat yang bisa kita petik dari berkegiatan tersebut, karena di sana kita bisa belajar cara yang baik untuk berorganisasi dan hal tersebut bisa kita terapkan saat kita kembali ke pesantren nantinya , maka dari itu carilah organisasi di sekitar kalian dan mintalah untuk bergabung walau hanya sekedar sebentar untuk mengisi waktu libur insya allah, mereka akan mengizinkan kita bergabung .

  1. Menekuni Hobby

Cara untuk mengahabiskan yang paling menyenangkan adalah dengan menekuni hobby kita, akan tetapi dalam menekuni hobby, ambilah hobby yang bermafaat untuk kita, sebaiknya untuk tidak menekuni hobby yang buang-buang waktu seperti main game, atau mungkin bersosmed ria di rumah seharian yang itu tidak ada manfaatnya sama sekali, carilah hobby yang bermanfaat seperti hiking, traveling, diving, olahraga yang lain dan mungkin coding, atau mungkin blogging.

Semoga Beberapa hal diatas dapat membuat liburan kalian makin penuh dengan barokah dan mungkin bisa bermanfaat dagi orang lain karena:

عن جابر قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : « المؤمن يألف ويؤلف ، ولا خير فيمن لا يألف ، ولا يؤلف، وخير الناس أنفعهم للناس »

Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah Shallallahualaihiwassalam bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquth                                                                                                                                                                                              Fuadboy97@gmail.com

http://ifttt.com/images/no_image_card.png

0 komentar:

Posting Komentar