Sabtu, 26 Mei 2018

Beberapa Kunjungan Pesantren Ke Darunnajah 2 Cipining

Alhamdulillah Wasyukurillah, segala puji kami panjatkan kehadirat Allah SWT dan Nikmat yang telah diberikanNYA. Atas rahmat NYA Pesantren Darunnajah 2 Cipining pada tahun 2018, tepatnya bulan kemarin, tiada hentinya mendapatkan anugerah salah satunya adalah didatangkannya santri dan ustadz dari beberapa pesantren dengan tujuan Silaturrahim dan Study Banding.

Dalam jarak waktu yang tidak lama pesantren Darunnajah 2 Cipining menerima kedatangan kunjungan dari beberapa pesantren yaitu :

  1. Kafila International Islamic School (KIIS) Darunnajah Jakarta
  2. Pesantren Darul Ahsan Tangerang
  3. Pesantren Persatuan Islam Tarogong Asrama Putri Garut

Kunjungan Kafila International Islamic School (KIIS)

KAFILA International Islamic School Jakarta berkunjung ke Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining tepatnya Sabtu, 7 April 2018. Pukul 11.00 WIB, Sejumlah 14 santri beserta 3 guru pendamping tiba di Pesantren Darunnajah 2 Cipining, diterima dan di sambut oleh Kepala Biro Pengasuhan Santri, Ustadz Mukhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I dan beberapa panitia. Kunjungan ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada 7-8 April 2018.

OPKIS (Organisasi Pelajar Kafila Islamic School) datang ke Darunnajah untuk bersilaturrahmi dan bersama berbagi ilmu dengan Darunnajah ini, sebagai sesama lembaga pendidikan Islam dengan motto, ‘Hadza ma’haduna wa hadza ma’hadukum” insyaallah mempunyai cita-cita yang sama.

Tujuan Kafila mengadakan kunjungan ke Pesantren Darunnajah 2 Cipining adalah

Pertama, santri KIIS ingin menikmati suasana pesantren yang sesungguhnya, karena di Jakarta kondisi dan situasinya sangat jauh berbeda meskipun sama-sama pesantren. Di kafila, fasilitas sangat lux seperti kamar santri yang setiap kamar hanya 2-3 santri dan setiap kamar terdapat kamar mandi. Fasilitas ruangan lain juga sama yaitu full AC (kelas-aula, dll). Adapun untuk makan, langsung dikelola oleh perusahaan catering standar nasional milik ketua yayasan yang juga diawasi secara ketat kandungan gizi, protein, dll. Oleh karena itu, khusus soal makan, sebenarnya kafila ingin santri yg kesana mendapat menu yg sama dengan santri Darunnajah sehingga sesuai dg kondisi aslinya

Kedua adalah ingin melihat secara langsung serta observasi terkait pola, sistem, dan kepesantren yang berlaku dan diberlakukan di pesantren modern semodel Darunnajah Bogor.

Ketiga adalah berdiskusi, sharing, dan belajar khususnya oleh para santri yang menjabat sebagai pengurus organsasi santri

Adapun Keempat adalah informasi di pengkaderan santri.

Run down acara silaturrahim kafila selama di Pesantren Darunnajah 2 Cipining meliputi penyambutan, silaturrahmi dan Orientasi, observasi kegiatan asrama dan sekolah, Study kasus dan sharing, silaturrahmi ke Pimpinan Pesantren, dan tak kalah menarik adalah berenang di kolam pesantren yang di kelilingi hijaunya dan indahnya pemandangan asri Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Semua kegiatan berlangsung penuh keceriaan dan edukatif.

Pesantren Daarul Ahsan

Kunjungan Pesantren Daarul Ahsan Tangerang di Pesantren Darunnajah 2 Cipining diterima langsung oleh KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc selaku Pimpinan Pesantren beserta para Kepala Biro dan Staf-staf Pengurus Pesantren pada Senin, 02 April 2018 di Aula Kampus 3 Putra.

Sambutan hangat terus diberikan oleh Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Rombongan memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud serta tujuan kedatangnnya. Tidak lain adalah untuk menjalin silaturahmi serta saling bertukar pengalaman. Rombongan berjumlah 150 yang terdiri dari 9 Ustadz, 6 Ustadzah, 48 Santriwan dan 84 Santriwati. Kunjungan ini akan berlangsung pada tanggal 02-03 April 2018.

Tidak hanya kali ini Pesantren Darunnajah 2 Cipining mendapatkan kunjungan, beberapa bulan lalu juga ada pesantren yang datang untuk mengadakan Study Banding. “Dengan adanya kegiatan seperti ini, maka akan membuat kami lebih semangat lagi untuk meningkatkan kualitas diri” Ulas KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc.

Dengan logat yang sangat halus serta ramah, Pimpinan Pesantren sangat senang dengan kunjungan tersebut. Begitupun dengan Pimpinan Pesantren Daarul Ahsan yang sangat antusias dan senang dengan sambutan tersebut. “Kami sangat penasaran sekali dengan simtem Tahfidz yang ada di Pesnatren Darunnajah 2 Cipining ini” Jelas KH. Maman L Hakim, MA selaku Pimpinan Pesantren Daarul Ahsan Tangerang.

Pesantren Persatuan Islam Garut

Tepatnya Rabu, 25 April 2018 Pesantren darunnajah 2 Cipining kembali menyambut hangat kunjungan silaturrahmi, sambutan kali ini di tujukan kepada Pesantren Persatuan Islam Tarogong Asrama Putri. Sejumlah 22 orang terdiri dari 2 ikhwan dan 20 akhwat (2 orang ustadz, 3 orang santri, dan 17 orang ustadzah). Kunjungan kali ini lebih banyak didatangkan dari ustadzah karena merupakan pesantren asrama putri.

Kunjungan silaturrahmi ke Pesantren darunnajah 2 Cipining adalah kunjungan kedua setelah Pesantren Persatuan Islam Tarogong Asrama Putri melangsungkan kunjungan ke Yayasan Darul Muttaqin karena merupakan tempat yang sama berada di daerah bogor. Kunjungan ini dilaksanakan 2 kali dalam satu hari dengan waktu yang berbeda.

Tepat pukul 14.30 WIB rombongan Pesantren Persatuan Islam Tarogong tiba di Pesantren Darunnajah 2 Cipining, ustadz Diponegoro Santoso, S.Hum selaku kepala asrama Pesantren Persatuan Islam Tarogong beserta rombongan disambut hangat oleh ustadz Mukhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I selaku Biro Pengasuhan Pesantren Darunnajah 2 Cipining dan beberapa panitia di gedung sekretariat kampus 1.

Acara berlangsung hingga pukul 19.00 WIB. Dengan pengenalan profil pesantren dan tour asrama cukup di hadiahkan untuk acara kunjungan silaturrahmi ini. Salah satu motivasi diadakannya kunjungan study banding ini adalah karena Pesantren Darunnajah 2 Cipining dilihat berkembang pesat dalam dunia pendidikan pesantren.

Adapun tujuan silaturrahim ini adalah sebagai salah satu bentuk cerminan pendorong dalam program pengembangan yang akan dilaksanakan oleh Pesantren Persatuan Islam.

Demikian ketiga pesantren tersebut hadir mewarnai kegiatan sehari-hari Pesantren Darunnajah 2 Cipining, berbagi ilmu dan komunikasi dengan tujuan fisabilillah dan ukhuwah islamiyah semoga selalu terjalin.

Alhamdulillah mudah-mudahan dengan adanya kunjungan silaturrahim ini semoga menjadi cerminan dan menjadikan pesantren lebih maju dan berkualitas Aamiin.

Syathir

http://darunnajah.com/wp-content/uploads/2018/04/FormatFactorySilaturrahim-Ponpes-Darul-Ahsan-1-500x302.jpg

0 komentar:

Posting Komentar