Jumat, 06 April 2018

Sunnah Nabi Muhammad S.A.W Setelah Sholat Jum.at

Hari jum’at adalah hari yang paling mulia diantara hari-hari lainya karena dihari tersebut terciptanya manusia pertama yakni Nabi Adam A.S seperti sabda Nabi Muhammad S.A.W  “Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” [Riwayat Muslim]. Pada hri tersebut umat muslim dianjurkan melakukan perbuatan yang baik-baik dan banyak-banyak bersholwat karena apabila banyak bersholwat pada hari itu maka akan ditunjukan sholawat itu kepada Nabi S.A.W.

Dalam beberapa riwayat dikisahkan bahwa Nabi SAW melakukan aktivitas tertentu di hari Jumat. Al-Suyuthi dalam kitabnya, Amal Yaum wa Lailah, mengatakan, Nabi SAW membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas (kulfaqnas) usai shalat Jumat sebanyak tujuh kali dan beliau juga memperbanyak shalawat pada hari Jumat dan malamnya. Ia juga mengerjakan shalat sunah setelah shalat Jumat di rumahnya, tidak di masjid.

Nabi mengajarkan kepada umatnya setelah selesai sholat jum’at agar membiasakan  membaca surah al-ikhlas, al-falaq, dan an-nas masing-masing 7X dan memperbanyak sholawat serta memnjatkan do’a dan juga melakukan sholat sunnah di rumah.

Hari Jumat juga dijadikan Rasulullah SAW sebagai momentum untuk silaturahmi kepada sanak saudara, seperti mengunjungi orang-orang yang sedang sakit ataupun ditimpa musibah, membantu proses penyelenggaraan jenazah, atau menghadiri akad nikah.

 

Sumber: Repulika.co.id,Dalamislam.com

 

http://ifttt.com/images/no_image_card.png

0 komentar:

Posting Komentar