Kamis, 12 April 2018

Pramuka Santri

Upacara Pembukaan New Student Camp Di Pesantren Nurul 'Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama  organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan  kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya.

Pramuka merupakan sebutan bagi aggotanya , yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega(21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan majelis pembimbing.

Kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluargadalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa indonesia.

Upacara Pembukaan New Student Camp Di Pesantren Nurul 'Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

 

Santri secara umum adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren, biasanya menetap di tempat tersebut hingga pendidikannya selesai.Menurut bahasa, istilah santri berasal dari bahasa Sanskerta, “shastri” yang memiliki akar kata yang sama dengan kata sastra yang berarti kitab suci, agama dan pengetahuan. Ada pula yang mengatakan berasal dari kata cantrik yang berarti para pembantu begawan atau resi. Seorang cantrik diberi upah berupa ilmu pengetahuan oleh begawan atau resi tersebut. Tidak jauh beda dengan seorang santri yang mengabdi di pesantren, sebagai konsekuensinya ketua pondok pesantren memberikan tunjangan kepada santri tersebut.

Tapi bagaimana kalau keduanya digabungkan menjadi satu yakni dengan nama pramuka santri? Ya, memang benar istilah ini dipergunakan bagi anggota pramuka yang berpangkalan di pesantren seperti halnya Pondok Pesantren Modern Darunnajah.seperti hal nya tunas kelapa yang bisa hidup dimana-mana begitu juga pramuka yang bisa hidup di lingkungan pesantren.

Biasanya pramuka santri mengadakan kegiatan perkemahan santri,yang mana di lakukan menjelang hari santri nasional.selain itu biasanya kegiatan ini berkombinasi dengan kegiatan agama yang di lakukan di pondok pesantren juga, bagi pramuka santri juga dilakukan kegiatan kursus mahir dasar ( KMD ).agar bisa menjadi pramuka sejati dari kalangan pesanten ,dan ketika lulus dari pesantren bisa menyandang Kyai dan juga Pembina Pramuka Sejati.

http://darunnajah.com/wp-content/uploads/2018/04/WhatsApp-Image-2018-04-12-at-15.46.03-500x281.jpeg

0 komentar:

Posting Komentar