Senin, 05 Maret 2018

Inilah Metode Belajar Bahasa Inggris lewat Musik

Musik merupakan hal yang tak pernah luput dari kehidupan manusia dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari. dimanapun, kapanpun, dan dalam keadan apapun musik mampu menyesuaikan diri dengan melewati fase situasi apapun karena musik sangat mendukung dan mempengaruhi dalam keadaan yang dirasakan seseorang. oleh karena itu musik sering dijadikan metode belajar dalam kegiatan belajar mengajar dikelas, maupun diluar kelas karena dengan metode ini lebih mudah siswa mengerti dan hafal dari materi yang diajarkan lewat musik tersebut, salah satu belajar paling cepat dan mudah dipahami dalam pembelajaranya melalui metode musik ini adalah Belajar Bahasa Inggris, karena metode belajar dengan musik ini sangat cocok untuk belajar bahasa inggris dan banyak manfaat yang diperoleh belajar bahasa inggris dengan metode tersebut. Berikut adalah manfaat belajar Bahasa inggris dengan metode musik:

1. Menebak kosakata yang hilang dalam lirik lagu. Metode ini biasa dilakukan di ruang kelas ketika guru ingin melatih kemampuan listening serta writing siswa. Caranya, guru akan membagikan selembar kertas berisi lirik lagu dengan bagian-bagian yang sengaja dikosongkan. Kemudian, guru akan memutarkan lagu selama beberapa kali dan meminta siswa mendengarkan baik-baik lagu tersebut. Setelahnya, siswa akan diminta mengisi bait-bait yang kosong sesuai dengan kosakata yang mereka dengar. Metode ini cukup baik untuk diterapkan karena secara tidak langsung, siswa akan belajar menganalisis kalimat ketika menebak kata apa yang kosong di dalam bait tersebut.

2. Meminta siswa menyanyikan lagu tersebut di depan kelas. Lagu, ternyata bisa juga digunakan sebagai sarana melatih kemampuan speaking siswa. Guru bisa menilai sejauh mana kemampuan melafalkan kosakata bahasa Inggris siswa sekaligus melatih kepercayaan dirinya dalam berbicara di depan kelas. Aktivitas ini tergolong menyenangkan karena setiap siswa akan mendapat kesempatan untuk menyanyikan lagu yang mereka suka di depan kelas. Nantinya, siswa lain akan berperan sebagai ‘juri’ dengan mengecek kata demi kata yang ada di dalam lirik tersebut untuk menentukan poin siswa yang bernyanyi di depan. Jadi, selain melafalkan lirik dengan benar, siswa juga dituntut untuk menghapalnya.

3. Menuliskan lirik lagu secara keseluruhan dari hasil listening. Kegiatan ini sedikit lebih sulit jika dibanding dua metode di atas. Pada kegiatan ini, siswa akan diminta menuliskan lirik yang mereka dengar tanpa bantuan sama sekali. Kegiatan ini ampuh untuk melihat sejauh mana kemampuan siswa dalam hal listening dan juga untuk mengecek spelling siswa ketika menuliskan lirik-lirik yang mereka dengar.

demikianlah manfaat dari belajar bahasa inggris melalui musik. semoga anda dapat ilmu dari artikel ini.

 

sumber: ef.co.id

Mochdardo@gmail.com

 

http://ifttt.com/images/no_image_card.png

0 komentar:

Posting Komentar